MAKALAH
SARANAN DAN
PRASARANA OLAHRAGA
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas sarana dan prasarana olahraga
Disusun
Oleh :
WAWAN SETIAWAN
2124100248
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PJKR
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
2011
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR……………………………………………………… i
DAFTAR
ISI………………………………………………………………... ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang…………………………………………………… 1
1.2 Tujuan …………………………………….. 1
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 Sarana sekolah……………………………….
2.2 Sarana Prasarana sekolah
BAB
III PENUTUP
3.1 Kesimpulan……………………………………………………….
3.2 Saran………………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pelaksanaan pendidikan nasional
harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan
global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam
pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan
pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar
nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar
nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di
seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pelaksanaan
pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada peserta didik agar dapat:
(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar untuk memahami dan menghayati,
(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat
secara efektif,
(d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang
lain, dan
(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri
melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan
adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana yang memadai
tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana
dan prasarana.Standar sarana dan prasarana ini untuk lingkup pendidikan formal,
jenis pendidikan umum, jenjang pendidikan dasar dan menengah yaitu: Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
(SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Standar sarana
dan prasarana ini mencakup:
1. kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot,
peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya,
teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki
oleh setiap sekolah/madrasah,
2. kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan,
bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh
setiap sekolah/madrasah.
PENGERTIAN
1. Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat
dipindah-pindah.
2. Prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan
fungsi sekolah/madrasah.
3. Perabot adalah sarana pengisi ruang.
4. Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara
langsung digunakan untuk pembelajaran.
5. Media pendidikan adalah peralatan pendidikan yang
digunakan untuk membantu komunikasi dalam pembelajaran.
6. Lahan adalah bidang permukaan tanah yang di atasnya
terdapat prasarana sekolah/madrasah meliputi bangunan, lahan praktik, lahan
untuk prasarana penunjang, dan lahan pertamanan.
7. Ruang kelas adalah ruang untuk pembelajaran teori
dan praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus.
8. Ruang guru adalah ruang untuk guru bekerja di luar
kelas, beristirahat, dan menerima tamu.
9. Ruang UKS adalah ruang untuk menangani peserta
didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan ringan di sekolah/madrasah.
10. Gudang adalah ruang untuk menyimpan peralatan
pembelajaran di luar kelas, peralatan sekolah/madrasah yang tidak/belum
berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
11. Tempat berolahraga adalah ruang terbuka atau
tertutup yang dilengkapi dengan sarana untuk melakukan pendidikan jasmani dan
olah raga.
12. Tempat bermain adalah ruang terbuka atau tertutup
untuk peserta didik dapat melakukan kegiatan bebas.
1.2 Tujuan
Dalam
proses pembuatan makalah ini ,khususnya pada mata kuliah sarana prasarana
memiliki
tujuan yang sangat jelas:
·
Memenuhi salah satu mata kuliah
sarana prasarana
·
Mengetahui sejauh mana sarana dan
prasarana dari tiap sekolah dalam berbagai tingkatan (SD,SMP,dan SMA)
·
Dapat memodifikasi sarana dan
prasarana yang kurang memadai sehingga tujuan pembelajaran bisa tetap tercapai
BAB II
PEMBAHASAN
Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya
memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang guru,
5. tempat beribadah,
6. ruang UKS
7. gudang,
8. ruang sirkulasi,
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. ruang tata usaha,
7. tempat beribadah,
8. ruang konseling,
9. ruang UKS,
10. ruang organisasi kesiswaan,
11. jamban,
12. gudang,
13. ruang sirkulasi,
14. tempat bermain/berolahraga.
Sebuah SMA/MA sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai
berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. ruang laboratorium biologi,
4. ruang laboratorium fisika,
5. ruang laboratorium kimia,
6. ruang laboratorium komputer,
7. ruang laboratorium bahasa,
8. ruang pimpinan,
9. ruang guru,
10. ruang tata usaha,
11. tempat beribadah,
12. ruang konseling,
13. ruang UKS,
14. gudang,
15. tempat bermain/berolahraga
2.2 SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH
§ Tingkat
SD (SD Buniseuri 1)
Sarana
dan prasarana yang terdapat di SDN 1 Buniseuri antara lain:
1. Permaian
bola besar:
ü Permainan
bola voli(bola 4 buah)kumplit
ü Permainan
bola sepak (bola 2 buah )kumplit
2. Permainan
bola kecil:
ü Bola
kasti (bola 2)kumplit
ü Tenis
meja 1 set kumplit
3. Atletik:
ü Bak
pasir(tempat lompat jauh 1)
ü Matras
(2 buah )
ü Loncat
tinggi
ü Tolak
peluru (3 buah )
ü Hullahup(2)
ü Peralatan
estapet (kumplit)
4. Tape
1
5. Pluit
2
6. Stopwatch
1
7. Tenaga
pengajar 2
§ Tingkat
MTS (MTS Gerba Cipaku)
1. Permainan
bola besar
ü Bola
voli 2
ü Bola
basket 4
ü Bola
sepak 1
ü Ring
basket 1
2. Permainan
bola kecil :
ü Sepak
takraw 3 buah
ü Tenis
meja 1 set
ü Bulutangkis
1 set
3. Peralatan
atletik
ü Tolak
peluru 2 buah
ü Lempar
lembing 8 buah
ü Lari
gawang 1 set
ü Bak
pasir 1 set
ü Alat
loncat tinggi 1 set
4. Pluit
2 buah
5. Stopwatch 1
6. Tape
1
7. Matras
1
8. Tenaga
pengajar 2
§ Tingkat SMA(SMA N 1 Panawangan )
1. Permainan
bola besar:
ü Permainan
bola voli (bola 7 buah )kumplit
ü Permaina
bola sepak (bola 4 buah)kumplit
ü Permainan
bola basket(bola 7 buah )kumplit
2. Permainan
bola kecil:
ü Sepak
takraw 15 buah
ü Tenis
meja 2 set,bet 4 pasang
3. Peralatan
atletik :
ü Tolak
peluru 5 buah
ü Lempar lembing 8
ü Lompat
jauh 1
ü Peralatan
estapet kumplit
ü Papan
tolakan 4
4. Stopwatch
4 buah
5. Puit
4 buah
6. Tenaga
pengajar 2
7. Matras
4
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Dengan
memiliki sarana dan prasarana yang memadai khususnya saran adalam bidang
pendidikan baik tingkat SD,SMP dan SMA sederajat maka akan mempercepat dan
memperlancar target perencanaan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah
ditetapkan. Selain itu dengan sarana dan prasarana yang memadai dapat
mengembangkan potensi anak secara optimal untuk mencapai prestasi
setinggi-tingginya.
3.2 Saran
Dengan
pembuatan makalah sarana dan prasarana ini diharapkan mampu bermanfaat untuk:
·
dapat menjadi
dorongan dan motivasi vasi sekolah atau
lembaga yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.
·
Diharapkan pemerintah
lebih memperhatikan sarana dan prasarana disetiap bidang,terutama dalam bidang
pendidikan
KATA
PENGANTAR
Bismillahirohmanirrohim.
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat –
Nya,
penulis dapat menyelesaikan Makalah ini
dengan baik.
Makalah
ini berjudul: tugas ini disusun untuk memenuhi
salah
satu mata kuliah sarana prasarana.
Dalam pembuatan dan penyusunan Makalah ini
penulis bekerja dengan kemampuan yang terbatas, oleh karena itu selesainya
Makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagaipihak baik berupa nasehat maupun
saran-saran bagi penulis. Penulis menyadari dalam penulisan laporan ini masih
banyak kekurangan,maka diharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun.
Mudah-mudahan bantuan dan dorongan serta bimbingan semua pihak kepada
kami dapat diterima oleh Allah SWT serta mendapat balasan yang setimpal dengan
amal kebaikannya. Amiiin………….
Ciamis, 21
April 2011
Penulis
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !