TAHAPAN BELAJAR GERAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES - OLAHRAGA
Headlines News :
Home » » TAHAPAN BELAJAR GERAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES

TAHAPAN BELAJAR GERAK DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES



TUGAS
PEDAGOGI OLAHRAGA

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Mata Kuliah Pedagogi Olahraga








oleh :
Wawan Setiawan
2124100248
kelas 3i


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
2013
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan Puji syukur kehadiarat Tuhan Yang maha Esa atas segala limpah rahmat rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat menyusun sebuah makalah Pedagogi Olahraga. Shalawat serta salam semoga di limpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan penuh kesadaran hati akhirnya penulis dapat menyusun  makalah ini tetapi semua berkat motivasi dan bantuan semua pihak, baik langsung maupun tidak langsung dan atas doa-doa mereka yang selalu menyertai penyusun dalam berbagai tugas dan kegiatan
Dalam hal ini penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penyusun dengan senang hati akan menerima segala masukan dan saran yang bersifat konstruktif untuk lebih mempertajam dan meluaskan pandangan sehingga makalah ini dapat memberi perspektif yang benar dan bermanfaat bagi penulis bagi pembaca umumnya.

                                                                                   Ciamis, 08 Mei 2013


Penyusun


PEMBAHASAN

1.       Tahapan Belajar Gerak (dalam Pendidikan Jasmani)
Ada tiga tahapan belajar yang harus dilalui oleh siswa untuk dapat mencapai tingkat keterampilan yang sempurna (otomatis). Tiga tahapan belajar gerak ini harus dilakukan secara berurutan. Apabila ketiga tahapan belajar gerak ini tidak dilakukan oleh guru pada saat mengajar pendidikan jasmani, maka guru tidak boleh mengharap banyak dari apa yang selama ini mereka lakukan, khususnya untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani yang ideal. Tahapan belajar gerak yang dimaksud adalah: tahap kognitif, tahap asosiatif/fiksasi, tahap otomatis.  Untuk lebih jelasnya dapa diuraikan sebagai berikut:

·         Tahap Kognitif
Pada tahap ini guru setiap akan memulai mengajarkan suatu keterampilan gerak, pertama kali yang harus dilakukan adalah memberikan informasi untuk menanamkan konsep-konsep tentang apa yang akan dipelajari oleh siswa dengan benar dan baik. Setelah siswa memperoleh informasi tentang apa, mengapa, dan bagaiman cara melakukan aktifitas gerak yang akan dipelajari, diharapkan di dalam benak siswa telah terbentuk motor-plan, yaitu keterampilan intelektual dalam merencanakan cara melakukan keterampilan gerak. Apabila tahap kognitif ini tidak mendapakan perhatian oleh guru dalam proses belajar gerak, maka sulit bagi guru untuk menghasilkan anak yang terampil mempraktekkan aktivitas gerak yang menjadi prasyarat tahap belajar berikutnya.
·         Tahap Asosiatif/Fiksasi
Pada tahap ini siswa mulai mempraktekkan gerak sesuai dengan konsep-konsep yang telah mereka ketahui dan pahami sebelumnya. Tahap ini juga sering disebut sebagai tahap latihan. Pada tahap latihan ini siswa diharapkan mampu mempraktekkan apa yang hendak dikuasai dengan cara mengulang-ulang sesuai dengan karakteristik gerak yang dipelajari. Apakah gerak yang dipelajari itu gerak yang melibatkan otot kasar atau otot halus atau gerak terbuka atau gerak tertutup? Apabila siswa telah melakukan latihan keterampilan dengan benar dan baik, dan dilakukan secara berulang baik di sekolah maupun di luar sekolah, maka pada akhir tahap ini siswa diharap kan telah memiliki keterampilan yang memadai.
·         Tahap Otomatis
Pada tahap ini siswa telah dapat melakukan aktivitas secara terampil, karena siswa telah memasuki tahap gerakan otomatis, artinya, siswa dapat merespon secara cepat dan tepat terhadap apa yang ditugaskan oleh guru untuk dilakukan.Tanda-tanda keterampilan gerak telah memasuki tahapan otomatis adalah bila seorang siswa dapat mengerjakan tugas gerak tanpa berpikir lagi terhadap apa yang akan dan sedang dilakukan dengan hasil yang baik dan benar.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OLAHRAGA - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya