ATLETIK - OLAHRAGA
Headlines News :

ATLETIK


BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan atletik tidak hanya menjelaskan aktivitas jasmani saja melainkan dituntut untuk mengetahui perkembangan olahraga atletik. Atletik merupakan kegiatan jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan yang dinamis dan harmonis seperti jalan, lompat dan lempar.
Dari hakekat karakteristik dan struktur geraknya, atletik juga merupakan sarana untuk pendidikan jasmani dalam upaya meningkatkan daya tahan, kekuatan, kecepatan dan kelincahan, selain untuk sarana pendidikan juga sebagai sarana penelitian. Dihubungkan degan pola gerak lokomotor yang dikandungnya, atletik mampu meningkatkan aspek kelentukan dan keseimbangan stastis dalam kegiatan-kegiatan manipulative seperti melempar dan menangkap. Dan juga dibangun kemampuan koordinasi serta potensi pengolahan rangsang pada pusat kesadarannya.
Prinsp-prinsip gerak tadi tentu saja sangat berarti dalam peningkatan dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip mekanika gerak dan hukum alam yang bekerja pada tubuh yang bergerak. Ditambah oleh penanaman konsep-konsep gerak dalam konstannya denga tubuh, ruang dan usah akan berubah menjadi “ahli gerak” yang sadar gerak.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Lompat Jauh
Suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Ukuran Lapangan lompat jauh untuk jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m, balok tumpuan tebal 10cm, panjang 1,72m, lebar 30cm, bak lompatan panjang 9m, lebar 2.75m, kedalaman bak lompat ± 1 meter.    
Gerak lompat jauh merupakan gerakan dari perpaduan antara Kecepatan (speed), Kekuatan (stenght), Kelenturan (flexibility), Daya tahan (endurance), Ketepatan (acuration).
Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi lompat jauh tergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang-ancang. oleh karenanya di samping memiliki kemampuan sprint yang baik harus didukung juga dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan.

B.     Teknik lompat jauh
1.      Ancang-ancang
Tujuan ancang-ancang adalah untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan lebih besar. Jarak ancang-ancang tergantung kematangan dan kemampuan berekselerasi atas kecepatanya, dan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan ancang-ancang diperlukan program latihan yang baik, dan juga ketepatan menumpu. Sebagai pelatihan pemberian jarak ancang-ancang yang pendek dengan dimulai dari 5 langkah, 7 langkah, 9 langkah dan seterusnya sambil memperhatikan kaki saat menumpu.
2.      Menumpu
Merupakan suatu gerakan yang penting untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna. Badan sewaktu menumpu jangan terlalu condong seperti halnya melakukan lari atau ancang-ancang. Tumpuan harus kuat, cepat dan aktif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng atau goyang. Berat badan sedikit di depan titik tumpu, gerakan kaki menelapak dari tumit ke ujung kaki, dengan tempo yang cepat. Gerakan ayunan lengan sangat membantu menambah ketinggian dan juga menjaga keseimbangan badan.

3.      Melayang
Gerakan melayang pada saat setelah meninggalkan balok tumpuan dan diupayakan keseimbangan tetap terjaga dengan bantuan ayunan kedua tangan sehingga bergerak di udara. Untuk melakukan gerak ini terdapat beberapa teknik. Yang Pertama, Melayang dengan sikap jongkok dengan cara waktu menumpu kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan. Yang Kedua, Melayang dengan sikap bergantung cara melakukanya yaitu waktu menumpu kaki ayun dibiarkan tergantung lurus, badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke-dua lengan direntangkan ke atas. Keseimbangan badan perlu diperhatikan agar tetap tepelihara hingga mendarat.

4.      Mendarat
Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dua kaki.Yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan sipelompat itu sendiri.
Gaya lompatan dalam Lompat Jauh yang sering diperagakan seperti gaya jongkok, Gaya Menggantung dan Gaya jalan di udara.

1.      Gambar Lapangan Lompat Jauh
2.       Alat yang digunakan pada lompat jauh
·        Rol meter
·        Cangkul
·        Bendera kecil (merah dan putih)
·        Gaya jongkok
·        Gaya berjalan di udara (walking in the air)
·        Gaya menggantung (snapper)
3.       Hal hal yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil maksimal
·        Awalan, jarak awalan 30-40 dan dilakukan secepat cepatnya
·        Tolakan, menolakkkan kaki sekuat kuatnya pada papan tolakan dengan kaki yang terkuat.
·        Sikap badan di udara diusahakan melayang selama mungkin
·        Sikap badan waktu mendarat, diusahakan jangan sampai jatuh ke belakang
4.      . Diskualifikasi
·        Dipanggil 3 menit belum melompat
·        Menumpu dengan 2 kaki
·        Setelah melompat, kembali ke arah awalan
·        Mendarat luar bak lompat
5.       Catatan
·        Bak lompat diisi dengan pasir
·        Apabila pelompat gagal/diskualifikasi yuri mengangkat bendera merah
·        Apabila pelompat melakukan dengan baik yuri mengangkat bendera putih
·        Lebar awalan 122 cm
·        Panjang balok 122 cm
·         Lebar balok 20 cm

D.   Modifikasi sarana pembelajaran lompat jauh.
Pembelajaran gerak dasar umum dan gerak dasar dominan lompat jauh bisa menggunakan ban-ban sepeda atau kardus sebagai alat bantu, seperti gambar dibawah ini:




Susun beberapa ban bekas dan kardus untuk melompat, dibelakang kardus simpan satu buah ban bekas untuk sasaran pendaratan. Untuk melakukan, pertama siswa mengambil ancang-ancang untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan lebih besar. Tahap selanjutnya siswa melompat didalam ban-ban bekas, kemudian pada ban terakhir, tumpuan kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan. Dan yang terakhir adalah mendarat, pada saat mendarat harus dengan kedua kaki, yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan si siswa itu sendiri.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Lompat jauh adalah suatu akivitas gerakan yg dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yg sejauh-sejauhnya. Dalam lompat jauh terdapat beberapa tahapan, tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Ancang-ancang
2.      Menumpu
3.      Melayang
4.      Mendarat
Untuk memudahkan pembelajaran disekolah dasar bentuk latihan dapat dibantu dengan ban-ban bekas dan kardus yang disu

















Share this article :

1 komentar:

  1. komplit sekali informasinya mas mengenai atletik
    salam kenal ya, kapan-kapan posting tentang lompat jauh donk

    BalasHapus

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OLAHRAGA - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya