TES KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SD,SMP,SMA - OLAHRAGA
Headlines News :
Home » , , » TES KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SD,SMP,SMA

TES KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SD,SMP,SMA

TES KEBUGARAN JASMANI UNTUK SISWA SD,SMP,SMA

Pendidikan Jasmani merupakan salah satu bagian dari olahraga pendidikan,hal ini sesuai dengan UU No 3 tahun 2005 tentang SKN yang menjelaskan bahwa ruang lingkup olahraga dibagi dalam tiga bagian yaitu salah satunya adalah Olahraga Pendidikan.
Pengertian serta tujuan olahraga pendidikan tentu berbeda dengan pengertian dan tujuan olahraga rekreasi ataupun olahraga prestasi. Pengertian olahraga pendidikan menurut UU No 3 tahun 2005 tentang SKN menyatakan bahwa “olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani”. Sebelumnya  olahraga pendidikan menurut Moeslim (1970: 2) Menjelaskan bahwa “Olahraga pendidikan adalah segala kegiatan/usaha yang dilakukan dengan sadar dan bertujuan untuk mendorong, membangkitkan dan membina kekuatan-kekuatan jasmaniah maupun rokhaniah bagi setiap anak didik”.
    Dari kedua pengertian di atas,dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya olahraga pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendidik,mengembangkan,dan meningkatkan kepribadian,keterampilan, kesehatan serta kebugaran jasmani siswa-siswi di sekolah. Salah satu tujuan terpenting adalah mendidik, mengembangkan  dan meningkatkan kebugaran jasmani siswa,yaitu dengan melakukan olah fisik pada siswa yang tidak terlepas dari pedoman pendidikan jasmani di sekolah.Untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa, diperlukan pembelajaran yang sesuai dan mengarah pada peningkatan kebugaran jasmani itu sendiri, baik itu permainan ataupun pendidikan fisik.
Pemantauan pada siswa harus terus dilakukan supaya dapat terlihat perkembangannya baik dari segi kesehatan ataupun kebugaran jasmaninya.Untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani pada siswa, diperlukan alat dan norma penilaian berupa tes-tes yang diberikan pada siswa.
Di Indonesia sendiri, tes-tes kebugaran jasmani untuk tingkat SD sampai SMA itu pada dasarnya hampir sama hanya saja ada beberapa komponen yang dibedakan. Maka dari itu, penulis akan mencoba untuk menguraikan jenis-jenis tes kebugaran jasmani yang harus diberikan pada siswa mulai dari tingakat sekolah dasar, sampai tingkat menengah atas.

1.    Tes Kebugaran Jasmani Untuk Sekolah Dasar
1.1 Tes Kesegaran Jasmani  untuk Sekolah Dasar kelas 1,2 dan 3
Butir-butir tesnya, yaitu :
a.    Lari cepat 30 meter
b.    Angkat tubuh (pull-up) 30 detik
c.    Baring duduk (sit-up)  30 detik
d.    Loncat tegak (Vertical jump)
e.    Lari 600 meter

1.2 Tes Kesegaran Jasmani untuk Sekolah Dasar kelas 4,5 dan 6
a.    Lari cepat 40 meter
b.    Angkat tubuh (pull-up) 30 detik
c.    Baring duduk (sit-up) 30 detik
d.    Loncat tegak (vertical jump)
e.    Lari 600 meter

2.    Tes Kebugaran Jasmani untuk Sekolah Menengah Pertama
Butir-butir  tesnya adalah :
a.    Lari cepat 50 meter
b.    Angkat tubuh (pull-up) ( 30 detik untuk puteri, 60 detik untuk putra)
c.    Baring duduk (sit-up) 60 detik
d.    Loncat tegak (vertical jump)
e.    Lari 800 meter untuk putrid dan 1000 meter untuk putra
3.    Tes Kebugaran Jasmani untuk tingkat Sekolah Menengah Atas
Butir-butir tesnya, terdiri dari :
a.    Lari cepat 60 meter
b.    Angkat tubuh (pull-up) ( 30 detik untuk puteri, 60 detik untuk putra)
c.    Baring duduk (sit-up) 60 detik
d.    Loncat tegak (vertical jump)
e.    Lari  800 meter untuk putri dan 1000 meter untuk putra

Tes kebugaran jasmani diatas penulis kutip dari bukunya Nurhasan,dkk (2007)  yang berjudul Tes Dan Pengukuran Keolahragaan. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara pelaksanaan tes dan norma-norma tesnya akan penulis kemukakan pada bagian selanjutnya

Share this article :

2 komentar:

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OLAHRAGA - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya