Artikel Tenis Meja - OLAHRAGA
Headlines News :
Home » » Artikel Tenis Meja

Artikel Tenis Meja

CABOR TENIS MEJA
Manfaat olahraga sangat dirasakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari sehingga hampir semua masyarakat ikut serta didalamnya. Olahraga banyak macamnya salah satu diantaranya cabang olahraga tenis meja. Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak penggemarnya, tidak terbatas pada tingkat usia remaja, tetapi juga anak-anak dan orang tua, pria atau wanita cukup besar peminatnya. Hal ini disebabkan karena olahraga yang satu ini tidak terlalu rumit untuk diikuti, hampir setiap orang pernah bermain tenis meja sesekali dalam hidupnya telah dicobanya bermain pingpong, walaupun untuk mengisi waktu dikala senggang, dan juga sebagai pelampiasan rasa ingin tahu saja.
Olahraga tenis meja mempunyai ciri khas tersendiri, hal ini disebabkan karena jenis bola, alat pemukul, cara memukul, lapangan serta peraturan permainannya. Terutama karena laju bola yang sangat cepat dan alat pemukulnya yang menggunakan lapisan karet atau busa berlapis karet yang beraneka jenis, maka olahraga ini kaya akan variasi permainan. Bagi pemain yang mahir olahraga ini dapat menciptakan gerakan-gerakan yang bernilai seni yang sangat indah. Untuk mendapatkan gerakan-gerakan yang indah harus berlatih baik itu teknik maupun fisik. Dalam olahraga tenis meja banyak hal yang harus diperhatikan, antara lain mengamati arah bola yang datang dari lawan, memperhitungkan kecepatan putarannya. Beberapa hal tersebut di atas secara keseluruhan harus dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, maka permainan tenis meja yang bermutu hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang dapat melakukan sesuatu dengan cepat dan cermat. Untuk menjadi pemain tenis meja yang cepat dan cermat perlu adanya latihan yang teratur, harapannya yaitu menguasai teknik-teknik dasar permainan tenis meja, yaitu forehand drive dan backhand drive. Tetapi kalau kita ingin menguasai pingpong sebagai olahraga, maka kita harus mempelajari dan memahami berbagai stroke (pukulan) yang ada, kita harus menguasai juga berbagai style permainan yang utama, tak mungkin bermain pingpong dengan baik tanpa mengetahui dasar-dasar ini. Sebagaimana dikemukakan oleh Damiri dkk. (1991: 59-109) berpendapat bahwa: “dalam bermain tenis meja terdapat beberapa teknik pukulan, antara lain: Push, Block, Chop, Service, Flat hit, Counter hitting, Topspin, Drop shot, Choped Smash, Drive, Flick”.
Berdasarkan pendapat di atas peneliti menyimpulkan bahwa terdapat beberapa teknik pukulan dalam tenis meja yang dapat menunjang permainan tenis meja. Teknik pukulan tersebut antara lain: servis, drive, topspin, chop, flat, smash, dan flick. Teknik dalam permainan tenis meja sangat bervariasi. Menurut Sutarmin (2007: 15) “keterampilan permainan tenis meja meliputi: (1) teknik memegang bet (grip), (2) servis (servise), (3) teknik gerakan kaki (foot work)”.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengikut

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OLAHRAGA - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya