Dasar-dasar Penjas. - OLAHRAGA
Headlines News :
Home » » Dasar-dasar Penjas.

Dasar-dasar Penjas.

Nama                   : Wawan Setiawan
Kelas          : 2i
Prodi          : PJKR
Tugas         : Dasar-dasar Penjas

Soal dan Jawaban
1.      Jelaskan pengertian pendidikan jasmani menurut bebrapa ahli ! berikan komentar pada masing-masing pendapat tersebut.
Jawab :
ü  Nixon and Cozens (1963: 51) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani didefinisikan sebagai fase dari seluruh proses pendidikan yang berhubungan dengan aktivitas dan respons otot yang giat dan berkaitan dengan perubahan yang dihasilkan individu dari respons tersebut.
Komentar : sebagai calon pendidik kita harus mampu memeberikan ilmu pada anak didik kita supaya respon anak didik menjadi bagus terhadap pendidikan jasmani.
ü  Bucher, (1979). Mengemukakan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, adalah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional.
Komentar : kita sebagai calon pendidik bisa mengarahkan emosional, social, peserta didik agar menjadi lebih baik setelah belajar pendidikan jasmani.
ü  Dauer dan Pangrazi (1989: 1) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani adalah fase dari program pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan dan melalui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang tepat agar memiliki makna bagi anak. Pendidikan jasmani merupakan program pembelajaran yang memberikan perhatian yang proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran, yaitu psikomotor, kognitif, dan afektif.
Komentar : sebagai calon pengajar kita haru bisa menyampaikan gerakan yang menunjuang pertumbuhan peserta didik kita agar bisa manjadi baik.

2.      Jelaskan mengenai  karakteristik dari pendidikan  jasmani !
Jawab :
·          
ü  Pendidikan melalui aktifitas fisik/jasmani
ü  Pergaulan pedagogis dalam aktifitas jasmani.
·          
ü  Perkenbangan organ tubuh.
ü  Perkembangan social.
ü  Perkembangan intelektual.
ü  Perkembangan fisik.
ü  Perkmbangan mental emosional.

3.      Pendidikan jasmani di sekolah seringkali dipandang sebelah mata. Contohnya ketika menjelang ujian akhir terutama pada siswa kelas 3, pelajaran penjas sama sekali tidak diberikan karena dianggap akan mengganggu konsentrasi siswa dalam menghadapi ujian. Bagaimana pendapat anda mengenai permasalahan tersebut! Jelaskan upaya nyata yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut!
Jawab :
menurut pandangan saya pendidikan jasmani itu sangat penting bagi sisiwa karena jika badan kita tidak di gerakan peredaran darah ke otak akan sedikit tergangu jadi konsentrasi akan menurun sehingga anak itu susah dalam menerimaan ilmu (pengetahuan) atau mengerjakan soal karena kurangnya gerak.
Cara mengatasi masalah diatas dengan cara: biasakan dengan cara jangan menghilangkan mata pelajaran penjas sebelum Ujian, tetapi dengan cara mengurangi waktu yang tadinya 2 x 45 menjadi 2x 30, dengan catatan jangan melakukan olahraga yang bersifat menguras banyak fisik, tetapi olahraga yang bersifat permainan atau menghibur.
4.      Pendidikan jasmani di sekolah memiliki sasaran tujuan pada tiga ranah. Sebutkan dan jelaskan mengenai ranah tersebut!
Jawab :  
ü  Aspek kognisi/kognitif, dari situ diharapkan siswa mampu mengetahui tentang pendidikan  yang  diberikan. Apabila sebelumnya siswa tidak mengetahui pelajaran sepak bola misalnya, dengan pendidikan jasmani diharapkan siswa menjadi tahu apa itu sepak bola.
ü   Aspek afektif diharapkan siswa bukan hanya mengetahui, tetapi selanjutnya dapat memahami mengapa perlu melakukan olahraga, atau mengapa menendang itu harus dilakukan dengan cara yang benar.
ü  Aspek psikomotorik yaitu diharapkan siswa dapat melakukan gerakan – gerakan yang di contohkan pengajar, karena hal yang paling utama dalam pendidikan jasmani selin afektif , kognitif , psikomotorik juga sangat penting di miliki oleh siswa Karen berhubungan dengan gerak tubuh.

5.      Jelaskan bagaimana keterkaitan antara pendidikan jasmani dengan olahraga prestasi!
Jawab :
Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, sehingga pendidikan jasmani memiliki arti yang cukup representatif dalam mengembangkan manusia dalam persiapannya menuju manusia Indonesia seutuhnya.
Pendidikan jasmani dan olahraga adalah laboratorium bagi pengalaman manusia, karena dalam pendidikan jasmani menyediakan kesempatan untuk memperlihatkan mengembangan karakter. Pengajaran etika dalam pendidikan jasmani biasanya dengan contoh atau perilaku. Pengajar tidak baik berkata kepada muridnya untuk memperlakukan orang lain secara adil kalau dia tidak memperlakukan muridnya secara adil.

 
Share this article :

1 komentar:

  1. saya mau nanya tentang tugas saya...
    1.mulai kapan mata pelajaran penjas mulai ada?
    2.dimana saja mata pelajaran penjas mulai ada?

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OLAHRAGA - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya